Jumat, 06 Januari 2012

Sekolah DKI Terapkan Sistem Peringatan Dini Bencana

Jakarta -
Sekolah-sekolah di DKI Jakarta sudah menyiapkan sistem peringatan dini antisipasi bencana. Sistem ini mencakup sistem peringatan dini terhadap bahaya banjir, kebakaran dan tersebarnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Berbagai persiapan harus dilakukan memasuki pergantian musim ini. Terlebih sebentar lagi, akan memasuki tahun ajaran baru pada Senin pekan depan. Sudah sepatutnya kita mempersiapkan sekolah dan lingkungannya bersih agar terhindar dari bencana," ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, di Balaikota DKI, Jakarta, Jumat (6/1/2012).

Taufik menambahkan agar sistem ini dapat berjalan dengan baik, pihaknya telah merancang beberapa program dan kegiatan penanggulangan bencana. Seperti melaksanakan program kerja bakti di sekolah yang sudah dimulai sejak semester genap tahun pelajaran 2011/2012.

"Dengan kegiatan kerja bakti yang dilakukan secara rutin, diharapkan saluran air yang ada disekitar sekolah menjadi bersih dari sampah-sampah. Sehingga saat hujan turun, air dapat mengalir bebas, dan banjir dapat dihindarkan," terangnya.

Dia menghimbau, para Kepala Sekolah juga mewaspadai dan memperhatikan tempat-tempat bertelurnya nyamuk aedes aegypti. Seperti bak kamar mandi, alas pot bunga dan tempat-tempat lainnya agar tetap kering atau tertutup rapat.

"Sekolah diharapkan agar terus memantau kebersihan, kesehatan lingkungan dan memperhatikan saluran agar jalannya tidak tersumbat. Bagi sekolah yang sering terjangkit kasus DBD agar berkoordinasi dengan pihak Puskesmas setempat sebagai usaha pencegahan," tutupnya.

(lia/did)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar